Speaker Subwoofer

Speaker Subwoofer Terbaik


Harga Speaker Sound System - Sebelum sampai pada pembahasan harga subwoofer atau speaker kami ingin memberi panduan dalam anda mengenal speaker mulai dari tweeter hingga speaker full range agar mudah dalam mengambil keputusan memilih speaker anda yang sesuai kebutuhan sehingga dapat menentukan harga subwoofer terbaik. Dalam topik speaker subwoofer ini, istilah subwoofer dapat kita temukan sebagai transduser, baik dalam perangkat speaker aktif maupun subwoofer yang berdiri sendiri (stand-alone) sebagai sebuah speaker pasif.

Speaker Subwoofer Transduser

Bila bicara ukuran fisik satuan speaker maka kita akan berbicara tentang speaker pasif yang berbeda dengan istilah speaker aktif yang mencakup pada hampir seluruh perangkat sound system secara umum selain perangkat input sumber media suara yang bisa ditempatkan dalam satu boks termasuk speaker pasif didalamnya. Jadi speaker pasif adalah salah satu bagian speaker aktif.

Jenis Speaker Berdasarkan Rentang Frekuensi (Frequency Range)


Speaker selain dapat dibedakan sebagai speaker pasif dan speaker aktif berdasarkan satuan fisik juga dapat dibedakan berdasarkan spesifikasi kerja dalam rentang frekuensi 20Hz-20Khz.

Berikut jenis-jenis speaker subwoofer berdasarkan frekuensi, yang terdiri dari :

Tweeter


Tweeter adalah speaker lazimnya berukuran kecil 0,5-4 inchi. Ukuran ini dapat bervariasi tergantung penawaran produsennya dimana merek berbeda dengan ukuran dan kemampuan kerja yang berbeda pula, namun tetap berdasarkan rentang frekuensi kerja. Sebuah tweeter bekerja untuk mereproduksi getaran pada rentang frekuensi  tinggi mencakup frekuensi 3,5-20 KHz. Orang awam menyebutnya jenis speaker untuk suara treble.

Tweeter dalam istilah kamus audio, mereka menyebutnya sebagai super tweeter/ribbon tweeter, yaitu jenis tweeter yang memiliki bentuk yang berbeda dari tweeter umumnya. Jenis speaker tweeter ini berbentuk persegi panjang dibentuk plat tipis dengan jangkauan rentang 5-23 KHz sehingga dapat mereproduksi suara frekuensi tinggi melebihi tweeter biasa. Harga speaker jenis tweeter ini cukup mahal melebihi harga tweeter biasa, namun suara treblenya jernih enggak bikin pusing kepala atau sakit gigi.

Mid Range


Bila anda mengenal sistem three way audio anda akan mengenal speaker midrange yang biasanya berukuran 3-4 inchi yang bekerja dalam rentang frekuensi 350 Hz-4,5 KHz. Sebuah midrange akan mereproduksi frekuensi tinggi agar frekuensi dasar vokal pada 1 KHz terdengar lebih baik, jelas dan lebih fokus. Kalau hobinya karaoke dengan lagu barat dan pengucapan Inggris masih ngaco mendingan enggak usah nyanyi deh, karena bakalan ketahuan.

Mid Bass


Midbass atau midwoofer adalah jenis speaker yang mengetarkan suara dalam cakupan frekuensi 80-350 Hz yang mereproduksi suara bass pada dominasi suara rendah. Ukuran midwoofer di pasar audio yang bisa nada jumpai berukuran atau berdiameter 5-7 inchi. Jangan bergumam yang enggak jelas di depan mikropon, seperti kampreeet atau bocoor ... bocooor entar kedengaran jelas di speaker walaupun suara anda tidak keras.

Woofer dan Subwoofer


Subwoofer atau woofer adalah jenis-jenis speaker pasif yang merupakan tranduser elektronik audio yang penting selain jenis speaker lainnya. Speaker subwoofer dan speaker woofer berfungsi sebagai media untuk menghantarkan suara berfrekuensi rendah atau sebagai penyuara bass yang bekerja pada frekuensi rendah. Frekuensi kerja woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz (Hertz=satuan getar frekuensi per detik) sedangkan untuk speaker yang bekerja pada rentang 40 Hz dan frekuensi dibawahnya lazim disebut sebagai speaker subwoofer.

Ukuran speaker untuk bass yang biasa kita temukan di toko audio berukuran antara 8 - 18 inchi. Ukuran untuk woofer yang banyak ditawarkan di pasar peralatan audio berukuran 8-10 inchi dan untuk ukuran subwoofer pada umumnya ukuran 12,15 dan 18 inchi.

Horn


Speaker horn khusus bekerja untuk mereproduksi getaran suara dalam cakupan frekuensi untuk gelombang suara vokal manusia.

Full range


Speaker fullrange didesain khusus sehingga memiliki kapabilitas bekerja pada semua jangka atau rentang frekuensi sehingga mampu mereproduksi seluruh getaran suara dari sinyal audio dengan baik.

Setelah memahami jenis speaker pasif diatas diharapkan anda menjadi percaya diri dengan bekal pengenalan produk speaker dengan sehingga anda dengan mudah memilih kebutuhan speaker anda khususnya memahami harga speaker subwoofer lebih baik. Ikuti tautan berikut untuk mempelajari lebih lanjut


Semoga info yang kami suguhkan mengenai speaker subwoofer terbaik dapat memberikan pemahaman sehingga dapat membantu anda dalam memahami harga speaker baik speaker transdusser maupun speaker aktif.

Share this :